Co-captain Timnas Leontinus: Berbagai Kebijakan AMIN Dukung Penuh UMKM Naik Kelas

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -Calon Presiden Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden Gus Muhaimin Iskandar atau AMIN berkomitmen mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) secara menyeluruh dari hulu ke hilir di dalam rantai pasok (supply chain) bisnis usaha kecil tersebut. 

 

Hal itu ditegaskan Co-captain Timnas AMIN Leontinus Alpha Edison saat menjadi narasumber Diskusi Publik “Indonesia Economy Outlook-Mengenal Visi dan Misi Calon Presiden dalam Bidang Ekonomi” yang diselenggarakan oleh Kamar Entrepreneur Indonesia (KEIND).

 

“Dalam era digital, AMIN akan menjadikan kebijakan dari hulu ke hilir bagi usaha kecil sebagai prioritas, mencakup bahan baku yang mudah dan murah, akses modal yang mudah, distribusi omnichannel (menggunakan semua saluran disribusi, red), dan tata kelola niaga global,” ujar Leon, Sabtu (13/1/2024). 

 

Melalui acara tersebut, Leon membongkar program Anies-Muhaimin untuk mendukung kemajuan dunia usaha, khususnya UMKM di Indonesia.

 

“UMKM, sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, memberikan kontribusi signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61 persen atau setara dengan Rp9.580 triliun, dan menyerap 97 % tenaga kerja. Data dari Kementerian Koperasi dan UKM menunjukkan terdapat 65,5 juta UMKM, mencapai 99?ri total unit usaha,” papar Leon. 

 

Menurut co-founder Tokopedia ini, pemerataan adalah isu utama bagi UMKM. “Akses mudah dan murah terhadap bahan baku menjadi kunci peluang naik kelas bagi UMKM. Perlunya kemudahan akses bagi pengusaha kecil untuk bersaing dengan korporasi besar dalam mendapatkan harga bahan baku yang kompetitif,” ucap Leon. 

 

Dalam mendukung UMKM, kata Leon, pemerintah perlu memberlakukan kebijakan pro UMKM dan menjaga transparansi informasi. “Simplifikasi perizinan yang rumit dan mahal menjadi prioritas dengan menjadikan lisensi seperti BPOM atau PIRT sebagai jaminan keamanan produk bagi konsumen,” ujarnya. 

 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *