Anies Baswedan Sepakat Soal Peningkatan Pendidikan Agromaritim di Indonesia: Idenya Bagus Sekali!

WARTAKOTALIVE.COM – Capres Nomor Urut 1, Anies Rasyid Baswedan mendapat saran, Gorontalo harus menjadi wilayah pendidikan agromaritim, dan sebuah pelopor di Indonesia.

Menjawab saran itu, Anies Baswedan mengaku setuju dengan pernyataan tersebut.

“Ini idenya bagus sekali. Jadi dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan di bidang agromaritim di Indonesia ini kepualauan ada satu aspek kegiatan pertanian,”

“Satu aspek perikanan, dua-duanya itu sama-sama di kepulauan dan perlu pendidikan,” kata Anies Baswedan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Baca juga: Anies Rasyid Baswedan Ingin Petani di Gorontalo Bisa Menabung: Bisa Menjadi Contoh untuk Indonesia

Senada dengan saran itu, Mantan Rektor Universitas Paramadina itu menilai ilmu pengetahuan di bidang tersebut sangat diperlukan agar peningkatan nilai tambah di bidang tersebut bisa terjadi.

“Kalau kita hanya meneruskan apa yang sudah dikerjakan oleh generasi-generasi sebelumnya, baik-baik saja. Tapi banyak proses yang bisa dikerjakan lebih efisien, bisa lebih efektif dan harapannya nanti nilai tambah itu lebih besar lagi,” tutur Anies Baswedan.

“Nilai tambah itu ketika kita memproduksi misalnya jagung dan sebatas jagung saja dan tidak ditingkatkan menjadi hasil olahan maka pendapatan yang diterima ya sebatas timbangan jagungnya. Tapi jika sudah bisa diolah akan mendapatkan pendapatan lebih tinggi lagi,” lanjutnya.

Anies Baswedan lantas melanjutkan ke cara pengolahannya, ketika menanam jagung dengan cara tradisional jika dibanding dengan ilmu yang terbaru bisa lebih cepat proses penanaman, panen dengan memanfaatkan teknologi.

“Dan itu yang membutuhkan ilmu. Jadi terima kasih, idenya bagus sekali. Mudah-mudahan nanti Gorontalo menjadi agropolitan yang punya sekolah agro culture,” pungkasnya.

Ingin Petani di Gorontalo Bisa Menabung

Anies Baswedan berkomitmen akan meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup para petani.

“Kita ingin agar para petani di Gorontalo bisa menjadi petani yang mampu menabung,” katanya Anies Baswedan di Asmara Garden, Gorontalo, Senin, (8/1/2024).

Menurutnya, indikator sederhana untuk mengukur kesejahteraan petani yakni apabila para petani sudah bisa menabung dari hasil bertani.

Dia pun menegaskan akan memperbaiki tata niaga pertanian supaya para petani lebih sejahtera dan merasakan manfaat dari hasil tani yang mereka olah.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *